• Jaringan peer to peer

Bila ditinjau dari peran server  dijaringan ini diistilahkan non dedicate server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan berperan juga sebagai workstation, artinya setiap workstation dapat bertindak sebagai server ataupun client.

peer to peer

  • Topologi Ring

Pada topologi ring setiap komputer dihubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut Ring. Topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data. Misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai diterima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP addressnya.

ring

 

  • Topologi Bus

Topologi Jaringan komputer Bus tersusun rapi seperti antrian dan menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.

bus

 

  • Topologi Star

Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah Hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4 data akan dikirim ke switch dan langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer inilah yang paling banyak digunakan sekarang karena banyak kelebihannya.

star

 

  • Topologi Mesh

Topologi jaringan in menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n -1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif lebih mahal dalam pengoperasiannya.

mesh

 

  • Topologi Tree

Topologi jaringan Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungkan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung dengan topologi star lainnya menggunakan topologi bus. Biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan dan jaringan yang berada pada tingkat yang paling tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

tree