Bagi sebagian orang mungkin sudah banyak yang mengerti cara penggunaan pabx Panasonic karena dasarnya adalah menggunakan telepon biasa atau single line, namun ada juga yang masih bingung dengan cara menggunakan pabx Panasonic. Disini kami akan berbagi tips cara menggunakan pesawat telepon panasonic dengan base panasonic kx-tes824 yang sangat umum digunakan oleh banyak perusahaan ataupun perumahan perumahan pribadi.

Adapun sistem kerja Pabx sebenarnya sangat simpel hanya mengatur telepon masuk (incoming) dan telepon keluar (outgoing), sehingga yang cukup kita pelajari adalah bagaimana menggunakannya pada saat melakukan panggilan dan menerima panggilan.

Sebelum membahas lebih lanjut kita perlu mengetahui jenis pesawat telepon yang digunakan pabx dalam hal ini kita gunakan pesawat telepon Panasonic KX-T7730 yang merupakan pasangan pabx KX-TES824. Berikut gambar pesawat teleponnya,

Pada pesawat Panasonic KX-T7730 banyak sekali tombol-tombol yang perlu diperhatikan karena tiap tombol mempunyai fungsi yang perlu diketahui agar kita tidak salah dalam mengoperasikan pabx

Menerima panggilan

Menerima panggilan ada dua jenis yaitu

  • Panggilan antar extention, yaitu panggilan yang masuk dari extention internal pabx, ciri-ciri panggilan ini bunyi ring sedikit pendek, dan tidak ada tombol co yang menyala. Pada beberapa pabx diprogram pada tombol agar dapat terlihat jika ada panggilan masuk dari extention internal. Jika terdengar nada ring cukup angkat handset (gagang telepon) dan segera dapat berbicara.
  • Panggilan dari luar area (incoming) yaitu panggilan yang masuk dari luar area, panggilan ini datang dari jalur telkom atau mobile phone. Pada panggilan ini nada ringnya agak panjang dan lampu CO berkedip-kedip. Lanjutkan dengan mengangkat handset dan bicara, jika pemanggil ingin bicara dengan orang lain kita bisa menekan tombol Transfer lalu tekan nomor extention orang yang dituju setelah itu tutup handset maka pembicaraan sudah dapat tersambung.