Pengertian Layer OSI dan kegunaan Layer OSI

  • Layer OSI adalah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan The International Organization of Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI singkatan dari Open System Interconnection. Model OSI biasa disebut dengan Model Tujuh Lapis OSI.
  • Sebelum adanya model referensi OSI, Sistem jaringan komputer sangat tergantung pada pemasok/vendor. OSI berupaya membentuk suatu standart umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda. Biasanya didalam suatu jaringan yang besar terdapat banyak sekali protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama membuat banyak perangkat tidak dapat saling berkomunikasi.
  • Model referensi OSI ini pertama kali ditujukan untuk sebagai basis mengembangkan protokol-protokol jaringan, yang pada kenyataannya inisiatif ini mengalami kegagalan. Kegagalan itu disebabkan oleh beberapa faktor seperti , dibandingkan dengan model referensi DARPA (model internet) yang dikembangkan oleh IETF, model OSI sangat berdekatan. Model dar DARPA adalah model basis TCP/IP yang populer digunakan.
  • Model OSI digadang-gadang sangat kompleks. Beberapa fungsi dirasa kurang bagus, sementara fungsinya diulang-ulang pada beberapa lapisan. Pertumbuhan Internet dan TCP/IP menjadikan model referensi OSI kurang dipakai dan kurang diminati oleh pemakai.
  • Pemerintah Amerika Serikat (USA) tengah berusaha mengembangkan model referensi OSI dan mencoba untuk mendukung referensi OSI ini dengan solusi jaringan Pemerintah pada tahun 1980-an, dengan mengimplementasikan beberapa standar  Goverment Open Systems Interconnection Profile (GOSIP). Namun usaha ini tidak berhasil dan mulai diabaikan pada tahun 1995 dan jaringan dengan model referensi layer OSI jarang dijumpai diluar wilayah Eropa.
  • Layer OSI akhirnya dilihat sebagai sebuah model ideal dari koneksi logis yang harus terjadi agar komunikasi data dalam suatu jaringan dapat berlangsung. Beberapa protokol yang digunakan dalam dunia nyata semacam TCP/IP, Decnet dan IBM System Network Architecture (SNA) memetakan tumpukan protokol mereka ke model referensi layer OSI. Model 7 layer OSI juga sebagai titik awal untuk mempelajari bagaimana beberapa protokol jaringan didalam sebuah protokol agar bisa berfungsi dan berinteraksi.

model osi

osi

7 layer osi

 

7 Aplicationn layer

Lapisan ke 7 ini menjelaskan spesifikasi untuk lingkup dimana aplikasi jaringan berkomunikasi dengan layanan jaringan. Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggung jawab atas pertukaran informasi antara program komputer , seperti program e-mail dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya. Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.

Protokol yang berada dalam lapisan ini :

  1. HTTP (Hyper Text Tranfer Protocol)  Protokol yang digunakan untuk menstranfer dokumen dan web dalam sebuah web Browser melalui www. HTTP juga merupakan protokol yang meminta dan menjawab antar klien dan server.
  2. FTP (File Transfer Protocol) Protokol internet yang berjalan dalam layer aplikasi  yang merupakan standar untuk mentransfer file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan internet.
  3. NFS (Network File System) Jaringan protokol yang memungkinkan pengguna diklien komputer untuk mrngakses file melalui jaringan dengan cara yang sama dengan bagaimana penyimpanan lokal yang diaksesnya.
  4. DNS(Domain Name System) Protokol yang digunakan untuk memberikan suatu nama domain pada sebuah alamat IP agar lebih mudah diingat.
  5. POP3 (Post Office Protocol) Protokol yang digunakan untuk mengambil mail dari suatu mail transfer agent yang akhirnya mail tersebut akan didownload kedalam jaringan lokal.
  6. MIME (Multipurpose Internet Mail Exension) Protokol yang digunakan untuk mengirim file binary dalam bentuk teks.
  7. SMB (Server Messange Block) Protokol yang digunakan untuk menstranfer server-server file ke DOS dan Windows.
  8. NNTP (Network News Transfer Protocol) Protokol yang digunakan untuk menerima dan mengirim newsgroup.
  9. DHCP (Dynamic Configuration Protocol) Layanan yang memberikan Nomor IP kepada komputer yang memintanya secara otomatis.

Lanjutan OSI