Type networking

  • LAN
  • MAN
  • WAN

LAN

Lokal Area Network adalah jaringan komputer yang meliputi area geografis yang kecil, seperti satu bangunan atau satu lantai dalam bangunan. Satu LAN dapat Dihubungkan dengan LAN lainnya dengan menggunakan menggunakan media kabel atau gelombang radio.

lan

 

MAN

Metropolitan area Network adalah jaringan yang didesain untuk digunakan di kota kota. Sebuah MAN dapat dibangun service provider dan disewakan pada beberapa klien atau sebuah perusahaan dapat membangun MAN private sendiri. Dalam hal luas geografis, MAN lebih besar dari LAN dan lebih kecil dari WAN. MAN biasanya ditandai dengan koneksi kecepatan tinggi menggunakan media fiber-optic atau media digital dan sering digunakan dalam perusahaan yg terletak pada suatu kota.

MAN

 

WAN

Wide area network adalah jaringan komputer yang meliputi area geografis yang luas, seperti area yang mencakup beberapa provinsi atau negara. Komputer-komputer terhubung pada WAN biasanya melalui network publik, misal sistem telepon. Komputer juga bisa terhubung dengan menyewa jaringan khusus atau via satelit dari service provider.

wan