• VLAN (Virtual Local Area Network)
    Pemisahan suatu jaringan secara logis pada perangkat switch, dengan adanya VLAN dimungkinkan satu jaringan lokal dapat dibagi menjadi beberapa segmen dengan beberapa broadcast domain berdasarkan fungsinya (organisasi, divisi, kelompok, dsb) dan tidak bergantung pada lokasi fisik dimana dia berada. VLAN dipisahkan secara logik bantuan software pada switch.
  • Pada umumnya sebuah switch merujuk pada satu buah jaringan dengan satu broadcast domain karena switch bekerja pada layer 2 (data link) sehingga hanya bisa menghubungkan satu network saja dengan VLAN mengijinkan banyak subnet dalam jaringan yang menggunakan switch yang sama.

Pengertian IPv4 dan IPv6
IPv4
Internet protocol versi 4 atau IPv4 adalah Jenis jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP / IP menggunakan protokol IP versi 4. Panjang totalnya adalah 32-bit dan secara teoritis dapat mengatasi hingga 4 miliar host komputer atau lebih tepatnya 4.294.967.296 host di seluruh dunia, jumlah host diperoleh dari 256 (diperoleh dari 8 bit) dipangkat 4 (karena terdapat 4 oktet) sehingga nilai maksimal dari alamat IP versi 4 adalah 255.255.255.255 dimana nilai dihitung dari nol sehingga nilai host yang dapat ditampung adalah 256x256x256x256 = 4.294.967.296 host, ketika host yang ada di seluruh dunia melebihi kuota tersebut maka dibuatlah IP versi 6 atau IPv6. Contoh IP versi 4 alamat adalah 192.168.0.3.
IPv6
Internet protocol versi 6 atau IPv6 adalah Internet protocol yang akan menggantikan versi protokol Internet saat ini, yaitu IPv4 (Internet Protokol Versi 4) digunakan hampir 2 dekade. Alasan utama upgrading ke Internet Protokol versi 6 adalah karena masalah IP Adress. Menurut InterNIC mereka sudah habis alamat IP di kelas a dan kelas b dan sekarang ke kelas C. Mereka tidak punya pilihan lain kecuali meng-upgrade internet protokol ke Versi lebih baik dan tujuan konfigurasi IPv6 adalah untuk mengatasi masalah keterbatasan.

tanpa vlan

dgn vlan

Beberapa keutungan dari VLAN diantaranya adalah :
Security – keamanan data dari setiap divisi dapat dibuat tersendiri, karena segmennya bisa dipisah
secarfa logika. Lalu lintas data dibatasi segmennya.
Cost reduction – penghematan dari penggunaan bandwidth yang ada dan dari upgrade perluasan
network yang bisa jadi mahal.
Higher performance – pembagian jaringan layer 2 ke dalam beberapa kelompok broadcast domain yang lebih kecil, yang tentunya akan mengurangi lalu lintas packet yang tidak dibutuhkan dalam jaringan.
Broadcast storm mitigation – pembagian jaringan ke dalam VLAN-VLAN akan mengurangi banyaknya device yang berpartisipasi dalam pembuatan broadcast storm. Hal ini terjadinya karena adanya pembatasan broadcast domain.
Improved IT staff efficiency – VLAN memudahkan manajemen jaringan karena pengguna yang membutuhkan sumber daya yang dibutuhkan berbagi dalam segmen yang sama.
Simpler project or application management – VLAN menggabungkan para pengguna jaringan dan peralatan jaringan untuk mendukung perusahaan dan menangani permasalahan kondisi geografis.

vlan