SWITCH

Switch Merupakan terminal untuk jaringan (network card) , jika terminal mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunukasi antar workstations dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada switch dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk tiap workstations.

Switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat Mac.

switch

LAN Card/Network Interface Card (Card jaringan)

Sebuah Card Jaringan (LAN Card) yang terpasang pada sebuah komputer server maupun workstation sehingga komputer dapat dihubungkan kedalam sistem jaringan. Apabila terjadi gangguan atau kerusakan pada LAN Card berakibat pada komputer tersebut tidak dapat masuk dalam sistem jaringan. Indikator yang dapat dilihat dalam kerusakan LAN Card adalah lampu indikator yang terdapat pada LAN Card tidak menyala dan lampu indikator pada hub/switch saat komputer telah aktif dan konektifitas kabel dari LAN Card dan Hub/switch telah baik.

lan card

HUB

Hub adalah sebuah alat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel ethernet atau serat optic agar berfungsi sebagai satu petak jaringan (Network Segment). Hub bekerja pada lapisan 1 (layer 1) dalam acuan OSI.

Hub adalah istilah umum yang sering digunakan untuk menjelaskan central connection point pada sebuah network yang berfungsi menerima sinyal dari suatu komputer dan mentransfernya ke komputer lain. Berdasarkan kegunaannya , hub terbagi menjadi dua yaitu hub aktif dan hub pasif. Hub aktif adalah hub yang berfungsi sebagai Repeater. Hub ini akan meregenerasi kemudian mengirimkan transmisi yang telah diperkuat, sedangkan hub pasif adalah hub yang berfungsi sebagai pemisah dan pembagi sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke network.

hub

Router

Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirmkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing. proses routing itu sendiri terjadi pada lapisan 3 dari stack.

router