kabel optik

Jenis kabel fiber optic merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke atas. Pada umumnya kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau antar gedung. Kabel fibre optic merupakan media networking medium yang digunakan untuk transmisi-transmisi modulasi.

Fiber Optic harganya lebih mahal dibanding media lain. Fiber Optic mempunyai dua model transmisi, yaitu singgle mode dan multi mode. Singgle mode menggunakan sinar laser sebagai media transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebih jauh. Sedangkan multimode menggunakan LED sebagai media transmisi.

Karateristik kabel fiber optik :

  1. Beroperasi pada kecepatan tinggi
  2. Mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar
  3. Biaya rata-rata permode cukup mahal
  4. Media dan ukuran konektor kecil
  5. Kebal terhadap interferensi elektromagnatik
  6. Jarak transmisi yang lebih jauh (2 – 60KM)

Teknologi fiber optik atau serat cahaya memungkinkan jangkauan jarak yang besar dan menyediakan perlindungan total terhadap gangguan elektrik. Kecepatan transfer data dapat mencapai 1000 mbps serta jarak dalam satu segment dapat lebih dari 3,5km. Kabel serat cahaya tidak terganggu oleh lingkungan cuaca dan panas. Fiber optic merupakan media transmisi terkini untuk standart Ethernet dalan kabel lan. Perbedaan utama dalam hal fungsi antara kabel fiber optic dan kabel elektrik adalah sebagai berikut :

  • Jarak lebih jauh
  •  lebih mahal
  • Kurang interferensi magnetik membuat lebih aman
  • Dapat menunjang kecepatan sampai 10Ggabits

Ada dua macam kabel lan dalam piranti optic ini :

Multimode (MM) menggunakan ukuran diameter fiber optic lebih luas.

SingleMode (SM) menggunakan diameter fiber optic sangat kecil. Jenis ini sangat mahal karena proses fabrikasinya lebih presisi. Kabel optic ini bisa mencapai jauh lebih panjang dari pada jenis optic MM.

Konektor Optic

Untuk mentransmisikan data lewat kabel lan optic ini memerlukan sebuah strand optic tunggal untuk satu arah, memerlukan dua strand optic untuk kedua arah masing-masing untuk kirim dan terima. Konektor untuk masing masin ujung dari fiber optic ini umumnya seperti gambar berikut :

opticconector

Dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari fiber optic.

Kelebihan

  • kemampuan yang baik dalam mengantarkan data dengan kapasitas yang lebih besar dalam jarak transmisi yang cukup jauh.
  • kecepatan transmisi yang tinggi hingga mencapai ukuran gigabits serta tingkat kemungkinan hilangnya data yang sangat rendah.
  • tingkat keamanan fiber optic yang tinggi, aman dari pengaruh interferensi sinyal radio, motor, maupun kabel-kabel yang ada disekitarnya, membuat fiber optic lebih banyak digunakan dalam infrastruktur perbankan atau perusahaan yang membutuhkan jaringan tingkat keamanan yang tinggi.
  • aman digunakan dalam lingkungan yang mudah terbakar dan panas.
  • fiber optic juga jauh lebih kecil dibanding kabel tembaga sehingga lebih menghemat tempat dalam ruangan network data center dimanapun.

 

Kekurangan

  • harganya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan teknologi kabel tembaga.
  • cukup besar investasi yang diperlukan untuk pengadaan sumber daya manusia yang andal karena tingkat kesulitan implementasi dan deployment fiber optic yang cukup tinggi.