PABX atau PBX atau Private Automatic Branch Exchange
adalah perangkat penyambungan komunikasi telepon atau interpon/intercom yang terletak di sisi pelanggan, misalnya di gedung-gedung perkantoran yang memerlukan percabangan satuan sambungan telepon.
Secara umum perangkat PABX terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi publik, seperti PTT Telkom.
Ukuran atau parameter PABX dalam kapasitas jumlah jalur telkom yang tersambung ke PABX dan jumlah cabang, mulai yang kapasitas satuan, puluhan, ratusan maupun ribuan cabang.
Saat ini, PABX telah mengaplikasikan teknologi Internet Protocol (IP) sehingga disebut IP PBX
PABX/PBX, singkatan dari “Private automatic Branch eXchange“, adalah suatu perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara bagian internal (extension to extension) dengan eksternal (outgoing dan incoming). Umumnya, PABX digunakan untuk kantor, gedung, rumah tinggal, hotel, dan rumah sakit. Tipe dan Jenis PABX /PBX
PABX digital
Adalah PABX yang mempunyai output atau extension berupa data digital. PABX jenis ini data digital perlu diubah dengan pesawat telepon khusus untuk dapat menjadi suara. tiap-tiap merek mempunyai konversi digital yang berbeda dengan nama dan istilah berbeda
PABX analog Adalah PABX yang mempunyai output analog berupa sinyal analog, karena menggunakan sinyal analog maka tidak perlu pesawat telepon khusus. Pesawat telepon ini sama seperti yang digunakan dirumah yang dihubungkan PSTN dalam istilah disebut Single Line Telephone (SLT).
PABX Hybrid
Adalah PABX gabungan antara dua sistem di atas. Oleh karena itu sistem ini mempunyai 4 kabel (2 pasang-1 pasang analog 1 pasang digital) pada setiap keluarannya. ( Gabungan Analog dan Digital)
IP HYBRID PBX
Adalah PBX gabungan antara 2 Sistem, Anlog , digital dan IP (Internet Protokol), dimana secara sistem PBX ini telah mampu melintasi komunikasi melewati IP.
PABX IP (Internet Protocol)/ IP Pure PBX
Adalah PABX yang hanya mengunakan protocol IP untuk interkoneksi ke pesawat pesawatnya. PABX IP menggunakan port RJ45 untuk sambungannya.
Dan setiap module yang digunakan untuk saling berkomunikasi melalui basis IP
IP PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang menggunakan teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara lain penyambungan, pengendalian, dan pemutusan hubungan telepon; translasi protokol komunikasi; translasi media komunikasi atau transcoding; serta pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti VoIP Gateway, Access Gateway, dan Trunk Gateway.
Solusi berbasis IP PBX merupakan konsep jaringan komunikasi generasi masa depan atau dikenal dengan istilah NGN (Next Generation Network) yang dapat mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN/POTS), jaringan telepon bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless (DECT), dan jaringan berbasis paket (IP/ATM).
IP PBX membawa kemampuan multilayanan di jaringan IP ke dunia komunikasi teleponi, sehingga akan memungkinkan semakin banyak layanan komunikasi yang dapat berjalan di atas jaringan IP. Multilayanan tersebut adalah Voicemail & Voice Conference, Interactive Voice Response (IVR), Automatic Call Distribution (ACD), Computer Telephony Integration (CTI), Unified Messaging System (UMS), Fax Server & Fax on Demand, Call Recording System, Billing System, serta Web-based Management System. IP PBX dapat mendukung antarmuka trunk Analog FXO/FXS; Digital E1-MFC R2, ISDN BRI, ISDN PRI; IP (H.323/SIP/IAX); dan Analog Tie Line E&M. Selain itu, IP PBX dapat mendukung antarmuka ekstension Analog FXO/FXS; ekstension Digital; ISDN Interface BRI (2B+D); dan TCP IP (H.323/SIP/IAX).
LAYANAN DASAR IP PABX/PBX
Sentral IP=PABX/PBX memiliki Layanan justru merupakan kelebihan dari sentral IP-PBX Bila dibandingkan dengan PABX kovensional , yaitu:
- Support analog system
Sentral IP PABX memiliki kemampuan dalam mengakomodasi sistem jaringan telephone analog
2. Support LAN system
Sentral IP PABX mampu terkoneksi dengan jaringan komputer (LAN) melalui fast ethernet card yang emiliki kapasitas bandwidth hingga 10 – 100Mbps.
3.Call Center
Sentral IP PABX mampu mendukung fasilitas auto attendant dan fasilitas – fasilitas Interactive Voice Response (IVR) serta bisa digunakan untuk aplikasi Computer Telephone Integration (CTI)
4. VoIP (Voice over Internet Protocol)
Sentral IP PABX mampu mengakomodasi layanan VoIP melalui terminal IP Phone atau softphone yang dipasang pada Personal Computer (PC). E. ISDN (Integrated Service Digital Network)
Sentral IP PABX mampu terhubung dengan jaringan ISDN baik PRA maupun BRA analog R2.
5.Billing System
Sentral IP PABX juga dilengkapi dengan kemampuan billing system sehingga pengguna bisa melihat record data telephone yang masuk maupun telephone yang keluar.
6.DID (Direct Inward Dialing)
Sentral IP PABX mendukung sistem DID, yaitu dimana user dapat
menghubungi secara langsung ke tujuan tanpa melalui operator.
7. ACD (Automatic Call Distribution)
Sentral IP PABX mendukung sistem ACD yaiatu suatu sistem yang bisa mendistribusikan panggilan secara otomatis ke saluran yang kosong.
8. Group Hunting
Sentral IP PABX juga mendukung untuk layanan Hunting.
9.Conference Call
Sentral IP PABX juga mendukung untuk layanan conference call sehingga user bisa menghubungi lebih dari satu user.
10. Gateway Internet
Sentral IP PABX juga bertindak selaku gateway ke jaringan internet sehingga pelanggan yang terhubung dengan PC atau IP Phone dapat terhubung ke jaringan internet dan bisa mengakses layanan VoIP, internet dan e-mail.
11. Malicious Call Tracking
Sentral IP PABX juga mendukung adanya layanan Malicious Call Tracking sehingga administrator bisa melacak telephone yang masuk maupun yang keluar.
12. Administrator
Operasional sentral IP PABX dapat dikendalikan oleh administrator sehingga kinerja sentral IP PABX dapat dimonitoring dan dikendalikan oleh administrator.
13. Fax over IP
Sentral IP PABX memungkinkan adanya layanan faximile over Internet Protocol (IP), sehingga dengan adanya layanan ini memungkinkan terjadi komunikasi faximile antar gedung tanpa melalui saluran provider telekomunikasi. Adapun layanan-layanan tambahan berdasarkan masing- masing produk sentral IP PABX
Pada IP-PBX , Telephone IP telah dilengkapi dengan DSP (Digital Signal Prossesing ) yang berfungsi untuk menkoversi signal suara menjadi signal paket data (IP).
BAGIAN BAGIAN PABX
PROSES KOMUNIKASI INTERNAL
PROSES KOMUNIKASI EXTERNAL
Pada dsar Kosep yang terjadi pada PABX Kovensional dalam melakukan komunikasi antar PABX dari PABX A ke PABX B akan melalui Jalur OutGoing dan Jalur Incoming atau disebut dengan Istilah Trunk: Trunk yang di gunakan Oleh sentral PABX Kovensional : Untuk dapa berkomunikasi antara Lain :
1.CO (Cetral Office) / Analog Trunk CO line interface (Ring signal detect circuit, DC loop formation circuit, bidirectional circuit) Dimana Proses Komunikasi Keluar dengan mengunakan media kawat tembaga suara akan dikirimkan kesipenerima dalam prosessing analog melewati ISP (Internet service Provider ) telkom yang menjadi pusat switching .
2. ISDN Integrated Services Digital Network (ISDN) adalah sebuah sistem jaringan telekomunikasi yang dirancang untuk memungkinkan integrasi layanan suara, data gambar yang ditransmisikan secara digital
melalui kabel tembaga telepon biasa atau wireless, yang dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih baik daripada telepon analog.
ISDN secara luas, adalah kumpulan protokof untuk membangun dan memecah koneksi circuit-switched dan memungkinkan fitur-fitur panggilan yang lebih advance bagi pengguna.
Terdapat dua macam implementasi ISDN:
Basic Rate Access (BRA) / Micro access, terdiri dari bua B channels dengan bandwith 64 kbps dan satu D channel dengan bandwidth 16 kbps (28+D).
Primary Rate Access (PRA) / Macro Access, terdiri atas 30 B channels dan satu D channel dengan bandwith 64 kbps serta satu channel timing dan alarm dengan bandwith 64 kbps (30B+1D) sehingga mempunyai bit rate total 2048 kbps atau 2 Mbps (E1) atau yang dikenal dengan PCM 30.
Singkatan Kata dan Istilah ISDN-PRA
Trunk yang dapat digunakan di sentral IP-PBX antara Lain:
1.CO (Central Office)
2.ISDN ( PRI/PRA /E1/BRI)
3.IP Trunk (IP QSIG)
4.SIP TRUNK
SIP (Session Initiation Protocol)merupakan protokol komunikasi standar untuk suara dan video dalam Unified Communication atau yang sering kita sebut (UC) solusi di jaringan sebuah data, atau SIP dapat di artikan sebagai sebuah hubungan langsung antara organisasi anda dan ITSP. Hal ini memungkinkan anda untuk memperpanjajng VoIPtelephony di luar firewall, sebuah organisasi tanpa perlu gateway IP-PTSN. VoIP(Voice over Internet Protocol) itu sendiri merupakan teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi dengan menggunkan suarasecara langsung.
Selain itu juga SIP dapat membawa sebuah pesan instan, konfernsi multimedia, informasi keadaan pengguna dan real-time layanan komunikasi lainnya. SIP lebih mudah dalam mengkonfigurasi dan lebih mudah dalam merancang, memelihara, dan mengoprasikannya karena USP memberkan sebuah layanan dalam penghematan dalam investasi.
KEUNTUNGAN IP-PBX
1.Dapat menekan biaya komunikasi antar cabang
2.Penomor pada Extensi dapat di lakukan dengan nomor yang sama apabila pemilik dari nomor extensi tersebut pindah posisi tampa merubah koneksi.
3.Dapat melakukan conference Video /atau Audio (Sesuai dengan Fiture yang terdapat didalam IP-PBX
4.Dapat melakukan sharing CO
5.Single Cabling (Dapat menekan Biaya instalasi