tcp

Layer TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol)

Arsitektur TCP/IP tidaklah berbasis model referensi tujuh lapis OSI , tetapi menggunakan model referensi DARPA seperti diperlihatkan diagram diatas. TCP/IP mengimplementasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis. Empat lapis ini dapat dipetakan (meski tidak secara langsung) terhadap model referensi OSI. Empat lapis ini kadang disebut model DARPA, internet model atau DoD model, mengingat TCP/IP merupakan protokol yang awalnya dikembangkan dari proyek ARPANET yang dimulai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Berikut adalah macam-macam layer TCP/IP, yaitu :

4. Application

Berfungsi menyediakan service-service terhadap software-software yang berjalan pada komputer. Protokol-protokol yang beroperasi pada application layer HTTP, FTP, POP3, SMTP, dll

3. Transfort

Transfort layer berfungsi menyediakan service yang akan digunakan oleh application layer. Mempunyai 2 protokol utama yaitu TCP dan UDP.

2. Internet

Internet layer berfungsi sebagai penyedia fungsi IP addressing, Routing dan menentukan path terbaik. Mempunyai 1 protokol yaitu TCP/IP.

1. Network Access

Berfungsi mendefinisikan protokol-protokol dan hardware-hardware yang digunakan dalam pengiriman data. Pada layer ini terdapat protokol-protokol seperti ethernet pada LAN, PPP, pada WAN dan juga frame Relay.