Membeli Fax Second

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Membeli mesin fax second menjadi pilihan alternatif bagi banyak orang, karena  anggaran ang memang terbatas, mesin lama sama fungsinya dengan yang baru sehingga orang berfikir buat apa beli yang baru yang tentunya harganya jauh lebih mahal, kalau mesin yang second juga sama fungsinya dan harganya jauh lebih murah.

Alasan itu memang dibenarkan, namun untuk mengetahui bagaimana cara membeli mesin fax second, ada beberapa tips berikut, atau langkah -langkah yang perlu diperhatikan sperti :

  1. Mengenal Merk dan Jenis Mesin

Mengenal merk dan type mesin sangat diperlukan agar apa yang dibeli sesuai dengan kebutuhan. Type mesin untuk mesin fax panasonic sebagai berikut :

  • Mesin fax thermal paper

Mesin fax thermal paper adalah mesin fax yang menggunakan kertas thermal yaitu kertas gulungan sebagai media cetak dengan pencetaknya dinamakan thermal head. Untuk mesin ini panasonic mengeluarkan tiga type untuk setiap keluaran barunya, yaitu :

    • Type manual cutter

Type mesin ini adalah jenis  mesin ini di desain untuk memotong kertas secara manual sehingga apabila kita merobek kertas kertas akan terpotong dengan lurus karena ujung keluaran kertasnya yang agak tajam. Contoh untuk type ini angka terakhirnya satu, antara lain :

KX_FT21, KX-FT31, KX-FT61, KX-FT71, KX-FT901, KX-FT931, KX-FT981, KX-FT501,

    • Type automatic cutter

Type jenis ini menggunakan pemotong otomatis jadi tiap lembar kiriman fax yang dicetak akan dipotong secara otomatis. Contoh type ini berakhiran angka tiga, diantaranya

KX-FT33, KX-FT63, KX-FT73, KX-FT903, KX-FT933, KX-FT 983, KX-FT503

    • Type automatic cutter dan mesin penjawab telepon

Jenis type ini selain menggunakan auto matic cutter dilengkapi dengan mesi penjawab telepon. Contoh mesin ini beakhiran angka 7, seperti :

KX-FT37, KX-FT67, KX-FT77, KX-FT907, KX-FT937, KX-FT987, KX-FT507

  • Mesin Fax Plain Paper

Jenis mesin fax plain paper adalah jenis yang menggunakan kertas HVS sebagai media cetak dan menggunakan film karbon, jenis ini antara lain :

KX-FP342, KX-FP362, KX-FHD331, KX-FP151, KX-FP701, KX-FP711

  • Mesin Fax Laser

Jenis mesin ini juga menggunakan kertas HVS tapi sistem pencetakannya dengan menggunakan OPC drum yang ditulis dengan tembakan sinar laser, sistem kerjanya sama dengan mesin fotocopy digital. Untuk mesin ini bisa dihubungkan dengan PC dan dapat mencetak atau mengirim dokumen lewat PC. contoh type ini :

KX-FL612, KX-FLB802, KX-FLB882, KX-FLB727

2. Melihat kondisi barang

Melihat kondisi barang secara fisik  menjadi kewajiban buat pembeli, karena barang ini bukan barang baru dan kita harus teliti sebelum membeli, periksa apakah bagian part ada yang hilang atau ada yang patah sehingga ada sedikit kejanggalan pada mesin fax, atau mungkin tidak sesuai seperti type aslinya.

3. Test fungsional mesin

Setelah kita melihat barang, mari kita cek apa mesinnya isa bekerja dengan baik sesuai dengan typenya. Sebaiknya untuk mengetes fungsi barang ini dilakukan sendiri sehingga kita tahu apakah ada kekurangan atau tidak pada mesin yang akan kita beli.

4. Jaminan Garansi

Cobalah minta jaminan garansi, walaupun bukan garansi seperti membeli barang baru. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa barang yang akan dijual bukan barang yang kadang-kadang rusak kadang-kadang bagus. Untuk jaminan garansi ini sesuai dengan kesepakan dengan penjual.

Itulah sedikit gambaran untuk membeli mesin fax second atau barang-barang lainnya. Membeli barang yang second bukan merupakan hal yang buruk, mengingat anggaran yang terbatas dan juga penghematan, rasanya hal ini perlu diperhatikan. Hal lainnya juga, mesin fax dengan merk apapun tidak ada pabriknya disini jadi kita juga tidak terlalu banyak membuang uang ke negeri orang, setiap kita membeli barang import tentunya sudah membawa uang kita ke luar negeri. Semoga dapat bermanfaat.

tanggapan dan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: