Perawatan Mesin Fax

Mesin facsimile masih sangat dibutuhkan saat ini, walaupun sudah ada komputer yang terhubung dengan internet yang memungkinkan seseorang mengirimkan dokumen melalui surat elektronik atau e-mail. Penggunaan mesin facsimile masih dibutuhkan oleh banyak perusahaan untuk mengirim data transaksi terutama purchase order, yang harus ditandatangani dan distempel secara manual, karena tandatangan dan stempel yang discan dirasakan oleh banyak kalangan kurang valid.Tentunya anda juga sudah tahu fungsi mesin facsimile yaitu : Mengirim data atau dokumen Menerima data atau dokumen.

BAGAIMANA MERAWAT MESIN FACSIMILE ?

Dengan memahami fungsi dari mesin tadi tentunya kami juga akan mencoba menjelaskan bagaimana cara kerja dari mesin tersebut :

1. Pengiriman data atau dokumen.

Pengiriman data ini dilakukan oleh bagian scaner atau lebih spesifik lagi disebut dengan Contact Image Sensor/CIS, pada mesin facsimile lama masih menggunakan CCD.

Berbeda dengan mesin fotocopy cara kerja perekaman data dengan sistem moving document atau dokumen yang bergerak. Pergerakan ini dilakukan dengan motor dan Roller feeder. Bentuk CIS apabila kita lihat dengan membuka bagian depan mesin berupa kaca, apabila kaca ini kotor maka hasil pengiriman dokumen menjadi tidak bersih menjadi buram dan banyak bintik-bintik hitam. Untuk menjaga hasil pengiriman yang baik CIS ini harus dibersihkan dari debu dengan menggunakan kain majun yang dengan diberikan cairan pembersih sebagaimana kita membersihkan kaca rumah kita.

Pada bagian cover terdapat plastik yang menempel berwarna putih untuk mesin kecil brother berupa feed roll berwarna putih bagian ini juga harus dibersihkan karena merupakan dasar putih perekaman data. Bagian feed roller harus dibersihkan karena bila terkena debu penarikan dokumen menjadi lebih lama, hal ini akan menyebabkan dokumen menjadi lebih panjang dibandingkan dengan dokumen asli. Jangka periodik yang dianjurkan untuk melakukan hal diatas adalah tiga bulan sekali.

2. Menerima dokumen

Pada bagian ini adalah pencetakan dokumen. Ada dua sistem pencetakan.

2.1. Thermal sistem

Menggunakan thermal head sebagai pencetak ada dua pada sistem ini yaitu kertas thermal dan kertas HVS dengan menggunakan film karbon sebagai media tinta.

Sistem yang menggunakan kertas gulung kita pelu memprhatikan kwalitas kertas karena setiap kertas mempunyai kepekatan yang berbeda, dengan menggoreskan kuku pada permukaan kertas yang licin akan terlihat kepekatan kertas. Sedangkan sistem yang menggunakan kertas hvs A4 dengan karbon film hasil pencetakan ditentukan oleh kwalitas karbon film. Untuk bagian thermal head ini sebaiknya kita berhati-hati karena sangat rawan, bagian panjangnya selebar kertas ukuran A4 dan folio, jangan sampai tergores akan menyebabkan cacat pada hasil penerimaan.

2.2. Drum unit

Untuk saat ini mesin facsimile jenis ini menggunakan teknologi laser sebagai penulis permukaan drum cara kerjanya mirip fotocopy digital. Yang perlu diperhatiakan pada mesin jenis ini bagian kaca antara drum unit dan laser, karena bagian ini sering terkena toner saat kita mengganti toner. Apabila bagian ini kotor hasil terima akan buram. Perawatan mesin ini dianjurkan sebulan sekali.

tanggapan dan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: